Senin, 03 Desember 2012

Model Data Part II

Haii guys kali ini saya akan membahas lagi tentang apa yang sudah saya buat dalam pelajaran Rekayasa Perangkat Lunak hari jumat lalu.
Model data ini sebelumnya sudah pernah saya bahas dalam pelajaran ASI (baca blog sebelumnya :) ). Tapi Pelajaran model data ini bahas kembali dalam Rekayasa Perangkat Lunak :)

Sebelumnya Model data telah dibahas di Analisis Sistem Informasi (ASI). Model data itu merupakan "Sekumpulan konsep-konsep yang menerangkan data serta hubungan-hubungan antara data  yang satu dengan data lainnya yang memiliki batasan-batasan data." (baca blog yang lalu). hihi.

Pada hari jumat lalu kami diberikan tugas untuk membuat ERD dengan tema Kegiatan kejuaraan renang international.

Berikut ini hasil gambar ERD dari saya dan teman kelompok saya yaitu seperti dibawah ini :)
Kekurangan dari erd kami yaitu tidak perlu ada Jadwal sebagai entitas :( Karena jadwal itu bisa dilihat dari keseluruhan ERD tersebut (merupakan hasil yang bisa dilihat dari erd). Jadwal merupakan "view" (output dari erd tersebut). Maka dari itu seharusnya pada ERD kami tidak perlu ada jadwal. :)






Berikut ini adalah gambar ERD dari hasil perbaikan.. :)
Dalam ERD kita dapat mengetahui view (output) dari ERD.
View dalam ERD kami yang sudah diperbaiki ini, seperti :
- Data-data atlit yang akan bertanding.
- Siapa yang bertanding (negara mana).
- Siapa yang jadi pemenang.
- Apa saja yang dipertandingkan (kategori).
- Jadwal pertandingan. 





Oh iaa...
 Sebelum membuat model data, ada beberapa hal yang perlu kita pahami. Seperti pada gambar dibawah ini yang terdiri dari beberapa View, Logical dan Physical. Apa maksud dari semua itu?




*View itu merupakan Output yang dihasilkan dari suatu ERD.
*Logical itu merupakan suatu bentuk logic dari suatu sistem seperti atribut,hubungan (relasi) dll.
*Physical itu merupakan sistem tersebut.

Dalam membuat ERD ketiga hal tersebut sangat penting kita ketahui terlebih dahulu. ^^ 
Dalam ERD juga di kenal dengan istilah IPO (input,proses,output)..

Sekian dulu pembahasan saya mengenai model data.. Nantikan pembahasan saya berikutnya mengenai apa itu "Model Fungsi" ^o^)


THANK YOU ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar