Kamis, 17 Januari 2013

Reflection about RPL

Hii Guys ^^
sudah lama saya tidak bercerita lagi di blog ini mengenai rekayasa perangkat lunak. Kali ini saya akan kembali membahas mengenai lika-liku awal proses pembelajaran sampai akhir  selama 1 semester ini.
Guys, awal perkuliahan yang ada di pikiran saya apa itu RPL? dan pelajaran seperti apakah itu? hmm.. tetapi dengan mengikuti proses belajar selama 1 semester ini saya pun mengerti materi-materi yang sudah diajarkan, yaitu mulai dengan mengenal model data, model software, membuat ERD, DFD, belajar menggambarkan fungsi-fungsi pada erd, membuat funciton partitioning, belajar membuat arsitektur sistem, belajar tentang user interface, dan membuat Stack Transition Diagram :) Adapun beberapa materi yang masih sulit untuk saya pahami yaa sama sih seperti ASI yaitu DFD, hihii.. ya mungkin kurang latihan.. hmm..

Hal-hal yang menarik lagi dalam proses belajar selama 1 semester agar membuat proses belajar tidak membosankan yaitu belajar kami dengan cara pameran, yaitu belajar dari hasil kelompok lain (sama dengan cara belajar pada pelajaran di ASI)  dan  cara mengajar Pak Sofyan sangat mudah untuk dimengerti, walaupun memang kali ini kuliah terasa lama
(± 2 jam setengah di kelas) dan kami selalu pulang sore :( Tetapi dengan cara mengajar Beliau yang kadang mengajak kami bercanda itu membuat kami lupa waktu untuk pulang :) hihii.. 

Oh iya ada 1 hal yang tidak bisa saya lupakan yaitu Pak Sofyan memberikan kami tugas untuk memainkan game yang bernama SIMSE. Menurut saya itu sangat mengasikkan selain belajar kita juga bisa bermain, walaupun awal-awal saya tidak mengerti cara bermain game ini seperti apa, tapi bagi saya ini merupakan cara belajar yang menarik :)

Oh ia dalam 1 semester proses pembelajaran ini Beliau mengajar kami juga untuk sering membaca dan membaca ^^ dan juga kami di ajarkan untuk saling bekerja sama dalam kelompok. Hmm.. Waktu awal-awal pembelajaran beliau pernah sangat marah pada kami semua karena kami tidak membaca materi yang disuruh (Maafkan kami pak :( ) itu salah satu hal yang saya tidak bisa lupakan. Tapi dari sana lah kami semua di ajarkan pentingnya membaca dan membaca ^^
Banyak hal-hal yang berkesan selama 1 semester ini. Dan tidak terasa kami akan berpisah dengan Beliau, :( Semoga kita diajar kembali oleh Bapak ^^
Terima Kasih untuk ilmu-ilmu yang Bapak sudah berikan :)
Thank you so much,Sir ^^

Sekian dulu cerita saya Guys :) nantikan cerita-cerita menarik dari saya yah ^^
Thank You

Tidak ada komentar:

Posting Komentar