Senin, 29 Oktober 2012

Proses Bisnis♥

Haii guys.. ^^

Hari ini saya akan membahas tentang apa yang sudah saya pahami dari "Bisnis Proses" dan "Analisis Proses Bisnis" ..

Dalam menganalisis suatu Sistem Informasi, yang harus kita ketahuai terlebih dahulu..
Analisis Proses Bisnis memiliki Prinsip-Prinsip Analisis (Quality Function Deployment) mengidentifikasi :
  • Expected requirements : Apa yang seharusnya ada dalam proses bisnis tersebut
  • Normal Requirements : Yang harus diperhatikan yaitu :
          - Kebutuhan Customer : Apa yang harus dilihat oleh Developer     
          - Permintaan Customer : Apa yang diinginkan oleh Customer
  • Exciting Requirements : Nilai tambah / keunggulan dari suatu produk atau barang yang di jual. (keistimewaan yang diberikan oleh customer).
                  Setelah mengetahui QFD/ Prinsip-Prinsip Analisis, Pak Sofyan lalu menyuruh kami untuk merencanakan analisis sistem informasi dari pabrik yang saya buat dengan teman kelompok saya, yaitu pabrik pembuatan makanan ikan  kaleng. Kami disuruh untuk memikirkan sitem apa saja yang harus digunakan dalam Pembuatan makanan Ikan Kaleng.
Terlebih dahulu kami harus membilih siapa yang menjadi owner.. dan bagian staff pembuatan..  Kami sekelompok mengisi apa saja yang menjadi Sistem informasi dalam pembuatan pabrik makanan ikan kaleng kami.
                Dan menurut hasil yang saya capai dengan teman-teman kelompok, ternyata kami juga masih bingung membedakan yang menjadi Sistem dan Bukan sistem. :( Karena terkadang apa yang menurut kami itu adalah sebuah sistem, tapi ternyata itu hanya bagian lain (bukan sistem).

                Dari pembelajaran menganalisis sistem dalam pembuatan makanan ikan kaleng kami. Saya dapat menyimpulkan bahwa Sistem sangat dibutuhkan dalam suatu organisasi, Sebagai Owner harus memikirkan baik-baik apa yang menjadi kebutuhan para customer dengan memikirkan suatu sistem yang bermanfaat.
                Dan sebagai Developer harus memenuhi permintaan yang dibutuhkan oleh owner untuk dapat memuaskan customernya. Sperti apa yang seharusnya menjadi standard dalam makanan kaleng tersebut,dll. Sistem dalam suatu organisasi sangat penting karena dengan adanya Sistem maka kebutuhan customer dapat terpenuhi dengan baik. :)

                Setelah Kami belajar menganalisis sistem informasi pada pabrik pembuatan makanan kaleng kami. Kami semua disuruh untuk membaca "Bisnis Proses".
Menurut saya Bisnis Proses itu adalah Suatu kegiatan atau aktifitas dimana dapat saling berelasi satu sama lain dan  menghasilkan suatu keluaran atau output yang bermanfaat/bernilai untuk suatu tujuan atau strategi dari sebuah organisasi.

Lalu Pak Sofyan memberikan kami tugas kelompok lagi untuk menganalisa prose bisnis dalam sebuah Rental Mobil.
Kata Beliau dalam Sebuah proses bisnis harus ada pemimpin dan bagian-bagian divisi :)
Lalu saya dan teman kelompok membagi-bagi divisi dan memilih siapa yang menjadi pimpinan dalam Rental Mobil kami.


Yang harus ada dalam Rental Mobil kami :

- Pimpinan : Bertugas untuk mengotrol aktivitas dan laporan-laporan, promosi, dll. dan laporan  penyewaan Mobil yang terjadi.

Divisi-divisi (unit-unit apa saja) yang ada dalam kelompok saya yaitu :
Administrasi : Menerima data pelanggan , mencetak struk, menerima laporan mobil yang disewa.
Kasir (Keuangan) : mengimput nilai/ struk pembayaran, output tanda pelunasan.
Service(bag. Garasi) : menerima kartu peminjaman, memberikan kunci, membuat keterangan mobil keluar
Promosi : melakukan promosi seperti: koran, radio, internet, membuat laporan kegiatan hasil promosi.

Lalu sesudah kami menyusun divisi-divisi serta fungsi divisi-divisi tersebut, kami lalu disuruh oleh Beliau untuk membuat/menggambarkan kejadian-kejadian yang terjadi atau proses-proses yang terjadi antara semua hubungan divisi dan pimpinan.

Saya dan teman kelompok membuatnya dalam 3 kejadian :
- Peminjaman
- Pengembalian
- Promosi

Setelah semuanya jadi kami pun disuruh untuk melakukan pameran di kelas.. ^^
adapun kekurangan dari kelompok saya..
seperti : Kurangnya bagian pada pengembalian yaitu : keterlambatan pengembalian mobil, ketepatan waktu pengembalian mobil, kerusakan mobil, penambahan supir, dan jaminan :(

Saya dan kelompok saya akan memperbaikinya lagi.. :)

Dengan adanya Tugas seperti ini, saya dapat mengerti secara langsung apa itu Bisnis Proses. ^^
jadi menurut pemahaman saya..
Bisnis proses itu seperti suatu kegiatan yang memiliki satu atau beberapa bagian-bagian yang di bentuk menjadi satu sehingga membentuk suatu tujuan atau strategi dalam suatu bisnis (pekerjaan, organisasi).

 Tetapi ada pula yang kurang saya pahami dalam pelajaran bisnis proses ini yaitu :
- Apakah Bisnis proses itu hanya bisa dilakukan dalam suatu organisasi? tidak bisa dijalankan bagi usaha-usaha kecil? :)

Demikian Pembahasan saya mengenai Bisnis Prose yang sudah diajarkan ^^
Nantikan Blog-Blog selanjutnyaaa ^^

Thank You

Tidak ada komentar:

Posting Komentar